f Perhatian.....!!! Jangan Lakukan 8 Hal Ini Terhadap Anak Anda..!!_Pesan Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Konten Cara Viral

Perhatian.....!!! Jangan Lakukan 8 Hal Ini Terhadap Anak Anda..!!_Pesan Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Kontencaraviral.comSeorang anak adalah titipan dari Allah yang diberikan kepada orang tua.Bersyukurlah bagi anda yang sudah dikaruniai seorang anak oleh Allah.Karena banyak sekali pasangan di luaran sana yang sudah lama menikah tapi belum diberikan anak oleh Allah.

Pada  dasarnya seorang anak saat masih kecil dia terlahir dalam keadaan suci dan bersih,dia belum mengenal keadaan di luar,keadaan lingkungan,dan keadaan lainnya.Maka orang tua lah yang bertugas memberitahu dan mengarahkan terhadap anak - anak nya agar menjadi anak - anak yang baik.


Perhatian.....!!! Jangan Lakukan 8 Hal Ini Terhadap Anak Anda..!!_Pesan Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak
youtube.com
Namun dengan keadaan yang seperti ini,orang tua yag terlalau sibuk dengan pekerjaan nya,hingga tidak punya waktu untuk mendidik anak-anaknya,kemudian belum lagi pengaruh kemajuan teknologi dan  keadaan lingkungan yang negatif sangat berpengaruh menjadikan anak - anak saat ini memiliki sikap yang negatif dan bisa dibilang nakal.

Namun Kita sebagai orang tua harus tetap bersabar dan terus berusaha mendidiknya,untuk mengarahkan anak tersebut menjadi lebih baik.

Pada artikel kali ada beberapa kalimat yang harus anda hindari di dalam mendidik anak - anak anda..Simak Terus artikel ini ya..!!!

 
 

Bagi para orang tua ,Berikut ini ada 8 hal yang jangan sampai anda ucapkan terhadap anak-anak anda.Terlebih anak anda masih kecil.


1.Memberikan Sebuah Pernyataan Yang Negatif Tentang Diri Anak-Anak


Misalnya:

- "Kamu anak yang nakal"
- "Kamu anak yang pemalas"
- "Kamu anak yang pelit"
- "Kamu anak yang manja"
- "Kamu anak yang gendut"
- "Kamu anak yang bodoh"

Itu adalah beberapa contoh pernyataan atau kata-kata yang sangat negatif untuk anak-anak.mereka akan sangat sakit hati ketika kita melontarkan kata-kata tersebut terhadap mereka,bahkan sampai mengulang-ngulang kata tersebut.Ingatlah bahwa setiap apa yang kita ucapkan terhadap anak-anak anda adalah do'a.

Alangkah baiknya jika kita sebagai seorang orang tua selalu mengatakan tentang hal-hal yang positif terhadap anak-anak kita.Sebagai contohnya: Apabila seorang anak sedang mengalami keterpurukan, karena mendapatkan nilai yang buruk.kita sebagai orang tua jangan langsung mengatakan "Dasar anak bodoh!!" ini jangan .tetapi katakanlah hal yang lainnya.misalnya "Apabila kamu belajar dengan rajin dan baik,pasti kamu akan mendapatkan nilai yang baik pula,saya percaya karena kamu anak yang pintar"

Bagaimana... ? Akan lebih enak diterima oleh mereka kan...

Dan hati anak-anak kita akan merasa tenang...

2.Usahakan Jangan Mengatakan " Jangan Ganggu Mama,Masih Sibuk"


Walaupun mungkin hal seperti ini menurut kita adalah kegiatan yang biasa-biasa saja atau normal.
Namun Tanpa kita sadari ternyata akan berdampak negatif terhadap anak-anak kita.

Contoh cerita:

Ketika seorang ibu sedang sibuk untuk memasak,kemudian seorang ayah sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dirumah,atau mungkin sedang sibuk dengan hal yang lainnya.dan tiba-tiba anak kita datang dan butuh bantuan kita.Dalam keadaan seperti ini biasanya seorang orang tua akan mengatakan: " Jangan GAnggu Mama/Papa,Ini Lagi Sibuk !!!"

Menurut seorang penulis " Suzette Haden Elgin PhD" seorang pelatih bela diri verbal telah menyatakan bahwa ketika seorang orang tua bertindak seperti itu,seorang anak akan tidak berani lagi meminta bantuan terhadap anda,karena selalu di cuekin dan disuruh pergi.

Bisa kita bayangkan jika kita terus berbuat seperti itu terhadap anak-anak kita,hingga dia tumbuh dewasa,kemungkinan besar mereka akan merasa tidak berguna jika berbicara dengan kita.

Jika memang kita sedang benar-benar sibuk coba untuk mengalihkan perhatian nya dengan menyuruhnya mengerjakan pekerjaan rumahnya  atau suruh dia melihat TV atau yang lainnya.kemudian setelah kita ada waktu langsung datanglah kepada mereka untuk membantunya.

3.Anda Jangan Mengatakan "Kamu Jangan Menangis!!!"


Apabila anda sedang mengalami anak anda sedang bertengkar dengan teman-teman nya atau anak anda sedang kecewa dengan suatu perbuatan tertentu,tentu kita sebagai orang tua harus bersikap bijaksana.Anda tidak perlu harus memarahi mereka atau membentak mereka untuk tidak jadi anak cengeng.Kebanyakan orang tua selalu mengatakan "Jangan Takut,Jangan Cengeng,Jangan Sedih!! " Terhadap anak-anak  nya.

Menurut seorang psikolog bernama Debbie Glasser Dengan  anda mengatakan perkataan seperti itu,ini akan mengajarkan terhadap anak-anak kita bahwa memiliki perasaan sedih adalah suatu hal yang tidak umum.menangis bukan hal yang benar/baik,padahal dengan menangis kita bisa meluapkan emosi dan ekspresi kita.

Maka oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini alangkah baiknya jika kita meminta anak-anak kita untuk menjelaskan apa yang membuat mereka sedih.Apabila permasalahannya adalah mereka di ejek oleh teman-teman mereka,beritahu anak anda bahwa perbuatan teman-temannya adalah tidak baik.

Dengan begitu kita secara tidak langsung memberikan pelajaran empati terhadap mereka,sehingga membuat anak-anak yang sedih atau menangis akan segera memnghentikan tangisannya.

4.Orang Tua Jangan Sekali-Kali Membanding - Bandingkan Anak Anda


Contoh kecil:

 "Coba lihat kakakmu,sudah pintar cepat pula dalam mengerjakan".Sedangkan kamu ,Lambat.Mengapa kamu tidak bisa mengerjakannya...?

"Waktu dulu mama kecil bisa mengerjakan ini itu ini itu,sekarang masak kamu tidak bisa si...?"

"Temanmu saja gambarannya bagus dan halus,kenapa kamu jelek sekali...?"

Perlu anda ketahui sebagai orang tua,dengan mengatakan perkataan seperti itu akan membuat diri si anak menjadi bingung dan kurang percaya diri.Bahkan tidak jarang banyak anak-anak yang akan membenci orang tuanya,sebab si anak selalu mendapatkan perlakuan yang buruk dari perbandingan yang dikatakn oleh orang tuanya,baik itu membandingkan dengan kakaknya,adiknya,temannya atau yang lainnya.sedangkan anak itu memiliki daya atau kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Dari pada anda selalu membanding-bandingkan anak-anak anda .alangkah baiknya anda sebagai orang tua,ikut membantu menyelesaikan setiap masalahnya.misal,ketika anak anda sedang mengalami suatu hal tentang menggunakan pakaian,sedangkan saudaranya bisa menggunakan pakaian dengan cepat dan rapi,maka tugas kita jangan mengata-ngatakannya,tetapi membantunya agar bisa melakukannya dengan baik dan benar.

5.Anda jangan Mengatakan " Awas kamu,kalau papa mu sudah pulang,pasti dihukum"


Ada kalanya suatu ketika seorang mama sedang berada dirumah bersama anak-anak nya.sedangkan seorang ayah sedang sibuk kerja.Suatu saat ketika seorang anak melakukan kesalahan ,biasanya seorang ibu tidak lanngsung menghukumi nya,cenderung sering mengatakan " Tunggu saja hingga ayahmu pulang".

Dengan anda sebagai orang tua menunda - nunda untuk menghukumi kesalahan akan membuat  keadaan semakin buruk.Alangkah baiknya jika anda sebagai seorang ibu langsung menegur atau menjelaskan kesalahan yang dilakukan oleh seorang anak tersebut.Namun apabila anda menundanya tentu akan membuat anak beranggapan bahwa nanti dia akan menerima hukuman yang berat.

Kemudian ada kalanya lagi sebagai orang tua sering lupa.sehingga membuat kesalahan yang seharusnya bisa langsung di koreksi menjadi terabaikan atau terlupakan.maka jangan sekali kali anda  menunda untuk mengoreksinya.

6.Anda Jangan Mudah Memberikan Pujian atau Terlalu Berlebihan


Ternyata kalau kita sering memberikan sebuah pujian terhadap anak kita dengan mudah akan berdampak kurang baik bagi mereka.karena ketika kita sering memberikan sebuah pujian maka akan terkesan "murahan".Oleh karena itu jika anak anda melakukan hal-hal yang biasa atau sederhana.maka anda tidak perlu memberinya sebuah pujian.

Yang perlu anda perhatikan sebagai seorang orang tua adalah pujilah anak - anak anda berdasarkan sikap yang dia lakukan,bukan karena memuji dirinya atau hasil perbuatannya.contoh,misalnya : Apabila anak anda berhasil mendapatkan nilai yang bagus di sekolahan.maka yang anda katakan " Allhamdulillah ...Ibu bersyukur dan bangga dengan kerja keras yang kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus ini!!!"

Namun apabila kita sering memuji anak-anak dengan hasil dan bukan karena sikapnya.tentu akan berdampak negatif bagi anak-anak anda.karena mereka akan berfikir yang penting mendapatkan hasil yang baik,tanpa memperdulikan cara dan sikap yang mereka lakukan benar atau salah.

7.Anda Jangan Mengatakan " Kamu Selalu....." atau " Kamu tidak pernah..."


Kita sebagai orang tua harus selalu berusaha untuk jangan  mengucapkan kalimat-kalimat " Kamu tidak pernah..." atau "Kamu selalu...." .Memang sangatlah sulit ,bahkan tanpa kita sengaja secara refleks langsung terucap sendiri oleh orang tua.

Anda sebagai orang tua harus berhati-hati dengan kedua kata tersebut.karena kedua kata tersebut dapat menjadikan perubahan yang dominan terhadap sikap anak-anak anda.kata-kata "Kamu tidak pernah..." dan " Kamu selalu..." akan selalu melekat terus di dalam hati seorang anak.menurut psikoterapis JENN Berman PhD.

Menurut pernyataan Berman,kedua kalimat tersebut sangat sering sekali di ucapkan oleh para orang tua ,tentu hal ini akan membentuk kepribadian seorang anak.anak tersebut akan menjadi apa yang dikatakan nya.Apabila seorang orang tua sering mengatakan terhadap anak-anak nya kamu selalu lupa untuk menghubungi rumah ketika pulang  terlambat.maka si anak tersebut akan selalu tidak ingat untuk menghubungi rumah ketika mereka pulang telat.

Alangkah baiknya jika anda bertanya kepada anak- anak anda untuk membantu masalah atau kebiasaan mereka.
Contoh misalnya: Mama perhatikan kenapa akhir - akhir ini nilai sekolahmu kurang baik,adakah yang bisa mama bantu agar bisa memperbaiki nilai mu..?"
Kata - kata seperti ini akan lebih membuat anak nyaman dan merasa di perhatikan.

8.Anda Jangan Mengatakan " Bukan Seperti Itu Caranya,Sini Biar Mama Kerjakan "


Pernyataan seperti ini "Bukan Seperti Itu Caranya,Sini Biar Mama Kerjakan " ini adalah suatu kebiasaan yang mungkin sangat sering di ucapkan oleh para orang tua. pernyataan seperti ini harus anda hindari,karena akan membuat si anak ketergantungan terhadap anda,dan mudah menyerah atau tidak bisa.tentu sangat berakibat negatif.

Kata tersebut salah,ini membuat si anak tidak belajar bagaimana cara untuk menyelesaikannya.dari pada mengatakan perkataan tersebut tentu alangkah baiknya jika anda melakukan sebuah pekerjaan bersama kemudia anda yang mengomando atau mengarahkannya.inilah yang di sarankan oleh Dr.BERMAN.

Oke itulah beberapa pernyataan atau perkataan yang harus kita hindari sebagai orang tua di dalam mendidik anak.

  
Perhatian.....!!! Jangan Lakukan 8 Hal Ini Terhadap Anak Anda..!!_Pesan Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak
youtube.com

 Terimakasih semoga bermanfaat ya...

Jangan Lupa di share ya...   


0 Response to "Perhatian.....!!! Jangan Lakukan 8 Hal Ini Terhadap Anak Anda..!!_Pesan Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel