f 8 Etos Kerja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dalam Bekerja - Konten Cara Viral

8 Etos Kerja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dalam Bekerja

Kontencaraviral.com - Roh keberhasilan dari kerja merupakan hasil akhir dari kombinasi yang saling menguatkan antara kompetensi, karakter,dan kinerja yang dilandasi oleh nilai-nilai komitmen, doktrin, dan keyakinan.

Apabila semua syarat tersebut dipenuhi akan memancarkan 8 Etos Kerja.Jansen Sinamo yang sering disebut sebagai guru Etos mengatakan bahwa , kedelapan Etos kerja yang digagas itu bersumber pada kecerdasan emosional dan spiritual.Semua konsep etos itu bisa diterapkan di semua pekerjaan ( asalkan pekerjaan tersebut halal ).


masrukhan.net

Umumnya , pendapat orang mengatasi bahwa bekerja itu “ kan hanya untuk nyari gaji “ . Pendapat itu ada benarnya tapi tidak sepenuhnya benar.Pekerjaan itu memiliki banyak sisi.

Berikut 8 Etos Kerja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pekerja :


1.Etos Pertama : Kerja Adalah Rahmat.


okezone

Apapun pekerjaan kita entah sebagai pengusaha, pegawai kantor, sampai buruh kasar sekali pun , adalah rahmat dari Alloh, karena tidak semua orang mendapatkan pekerjaan ( masih banyak jutaan orang yang belum bekerja ).

Bekerja merupakan sebuah “ lantaran “ bagi seseorang untuk mempunyai saluran Rizki.Oleh karena itu bekerja sebenarnya juga merupakan anugerah yang kita terima tanpa syarat, Seperti halnya menghirup oksigen dan udara sehat tanpa biaya sepeserpun.

Baca Juga ; 4 Kisah Nyata Pengusaha Sukses Modal Bener Kurup Janji

Bakat dan kecerdasan yang memungkinkan kita bisa bekerja adalah anugerah.Dengan bekerja kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kita.Dengan bekerja kita punya banyak teman dan kenalan,punya kesempatan untuk menambah ilmu dan wawasan ,dan masih banyak lagi.Semuanya itu adalah anugerah yang harus kita syukuri.

2.Etos Kedua : Kerja Adalah Amanah.


tongkronganislami.net

Apapun pekerjaan kita , pramuniaga, pegawai negeri, pengusaha,atau anggota DPR semuanya adalah amanah.

Pramuniaga mendapatkan amanah dari pemilik toko.Pegawai negeri mendapatkan amanah dari negara.Anggota DPR mendapatkan amanah dari rakyat.Pengusaha membawa amanah dari apa - apa yang diusahakan.

Baca Juga : 3 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Luar Biasa

Etos ini membuat kita bekerja dengan sepenuh hati dan menjauhi tindakan tercela,misalnya penipuan, pemalsuan timbangan , korupsi dalam berbagai bentuknya.


3.Etos Ketiga : Kerja Adalah Panggilan.

Apapun profesi kita entah itu perawat,guru, penulisan, penguasa, petani,semuanya adalah dharma ( pengabdian ). Seperti seorang perawat memanggul dharma untuk membantu orang sakit.Seorang guru memikul dharma untuk menyebarkan Ilmu kepada para muridnya.

Seorang penulis penyandang dharma untuk menyebarkan informasi tentang kebenaran kepada masyarakat.Seorang petani memikul dharma untuk menyediakan pangan bagi manusia.Jika pekerjaan atau profesi disadari sebagai panggilan hati ,kita bisa berucap pada diri sendiri “ I ‘ m doing my best !” ( Saya melakukan upaya terbaik ). Dengan begitu kita tidak akan merasa puas jika hasil karya kita kurang baik mutunya.

4.Etos Keempat : Kerja adalah aktualisasi.

Apapun pekerjaan kita ,baik dokter, akuntan, ahli hukum, karyawan pabrik maupun petani, semuanya merupakan peluang untuk wahana aktualisasi diri.Meski kadang membuat diri kita lelah , bekerja tetap merupakan cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan membuat kita merasa “ ada “ (exist). Bagaimana pun sibuk bekerja jauh lebih menyenangkan daripada duduk bengong tanpa bekerja.

Baca Juga : Bisnis Online Penghasil uang mudah dan cepat

Secara alami , aktualisasi diri itu bagian dari kebutuhan psikososial manusia.Dengan bekerja, misalnya seseorang bisa berjabat tangan dengan rasa pede ketika berjumpa koleganya. “ Perkenalkan ,nama saya Miftaf , dari Perusahaan Kemilau .” Keren ‘ kan ?

5.Etos Kelima : Kerja Itu Ibadah.
bimbinganislam.com
 

Semua pekerjaan yang halal merupakan bagian dari ibadah.Kesadaran ini pada gilirannya akan membuat kita bisa bekerja secara ikhlas, bukan demi mencari uang atau jabatan semata.Jansen mengutip kisah zaman Yunani kuno seperti ini :

Seorang pemahat tiang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengukir sebuah puncak tiang yang tinggi.Saking tinggi nya ukiran itu tak dapat dilihat langsung oleh orang yang berdiri di samping tiang.Orang - orang pun bertanya ,buat apa bersusah payah Membuat ukiran indah ditempat yang tak terlihat..? Dia pun menjawab : “ Manusia Memang Tidak Bisa Menikmati nya, Tapi Tuhan Melihat nya.” Motivasi Kerja nya telah meningkat menjadi motivasi transendental ( motivasi ibadah kepada Alloh ).

6.Etos Keenam : Kerja Adalah Seni.

Apapun pekerjaan kita, bahkan seorang peneliti pun, semua adalah bagian dari seni.Kesadaran ini akan membuat kita bekerja dengan enjoy seperti halnya melakukan hobi.Jansen mencontoh kan Edward V .Appleton , seorang fisikawan peraih Nobel.Dia mengaku , rahasia keberhasilan nya meraih penghargaan sains paling bergengsi itu adalah karena dia bisa menikmati pekerjaannya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan modal Usaha Tanpa Pinjam Ke Bank

“ Antusiasme  lah yang membuat saya mampu bekerja berbulan- bulan di laboratorium yang sepi “ katanya .Jadi , sekali lagi ,semua kerja adalah seni.Bahkan ilmuwan seserius Einstein pun menyebut rumus - rumus fisika yang njelimut itu dengan kata sifat beautiful.

7.Etos Ketujuh : Kerja Adalah Kehormatan.

Seremeh apapun pekerjaan kita ,itu adalah sebuah kehormatan.Jika bisa menjaga kehormatan dengan baik,maka kehormatan lain yang lebih besar akan datang kepada kita.

Contoh etos kerja Galileo , ilmuwan Italia ini memberi sumbangan besar terhadap perkembangan metode ilmiah.Galileo lahir di Pisa tahun 1564 , selagi muda dia belajar di Universitas Pisa tetapi berhenti sebab urusan keuangan.Meski begitu tahun 1589 dia akhirnya menjadi pengajaran di universitas itu.Pada tahun 1616 di diperintahkan menahan diri dari menyebarkan hipotesa matahari centris.

Galilea merasa tergencet dengan pembatasan ini selama bertahun-tahun.baru setelah tahun 1623 , walau samar - samar larangan terhadap Galileo tidak lagi dipaksakan.Dia tidak di jebloskan ke dalam bui tetapi sekedar kena tahanan rumah ,dia tidak boleh menerima tamu,dan agar dia secara terbuka mencabut kembali pendapatnya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari.

Ilmuwan berumur 69 tahun ini melaksanakan nya di Depan pengadilan terbuka.Ada cerita masyhur bahwa sehabis Galileo menarik lagi pendapatnya dia menunduk ke bumi dan berbisik pelan, “ tengok ,dia masih bergerak ! “.


8.Etos Kedelapan : Kerja Adalah Pelayanan.
pengertianahli.id
 

Apapun pekerjaan kita, pedagang, polisi, bahkan penjaga Mercu suar, pegawai negeri, tentara ,semuanya bisa di maknai sebagai pengabdian atau pelayanan sesama.

Pada pertengahan abad ke - 20 an di Prancis, hidup seorang lelaki tua sebatang kara karena ditinggal mati istri dan anaknya.Bagi kebanyakan orang , kehidupan seperti yang ia alami mungkin hanya berarti menunggu kematian.Namun bagi dia tidak .dia pergi ke lembah Cavennen , sebuah daerah yang sepi.Sambil menggembala domba ,ia memunguti biji pak,lalu menanamnya di sepanjang lembah itu .Tak ada yang membayar nya dan tak ada yang memuji nya.Ketika dia meninggal dalam usia 89 tahun,dia telah meninggalkan sebuah warisan luar biasa,hutan sepanjang 11 km ! Sungai - sungai mengalir lagi, tanah yang semula tandus Menjadi subur.semuanya itu dinikmati oleh orang yang sama sekali tidak dia kenal.

Oke itu lah beberapa Etos Kerja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dalam Dunia Kerja.

Terimakasih dan semoga bermanfaat...

0 Response to "8 Etos Kerja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dalam Bekerja"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel