f Cara Mimijahkan Ikan Lele Dengan Alami Dan Mudah - Konten Cara Viral

Cara Mimijahkan Ikan Lele Dengan Alami Dan Mudah

Kontencaraviral.com - Akhir - Akhir ini bisnis budidaya ikan lele telah berkembang pesat dan menjadi trend di berbagai wilayah di Indonesia.

Ikan berpatil ini memang hingga saat ini menjadi makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.Sehingga bisnis Budidaya lele sendiri di pulau Jawa bisa dibilang sangat menjanjikan.

Menurut pengalaman dari berbagai sumber peternak ikan lele yang sudah puluhan tahun menggeluti dunia lele, mereka mengatakan “ bahwa bisnis budidaya ikan lele bibit rata - rata memiliki keuntungan sampai 300% “ . faktor keuntungannya yang besar inilah yang membuat banyak sekali pembudidaya pemula bermunculan di Pulau Jawa.


faunadanflora.com

Sentral Pembibitan ikan lele di Pulau Jawa terletak di Daerah Jawa timur, kabupaten Kediri.Iya disini terdapat banyak sekali master - master lele yang sudah berpengalaman.Salah satunya penemuan pemijahan lele dengan cara alami.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa ke Bank

Sebenarnya cukup mudah untuk memijahkan lele dengan cara alami, namun tentunya bagi para pemula akan menjadi permasalahan yang membingungkan.Oke langsung saja,kami akan memberikan tips pemijahan lele secara alami menurut pakar lele Kediri,yaitu Bapak Akas.

Berikut Cara Memijahkan Ikan Lele Dengan Alami Dan Mudah.


1.Siapkan kolam.

infoikan.com
 

Hal pertama yang harus anda persiapkan untuk memijahkan lele,anda harus terlebih dahulu menguap kolam pemijahan.bagi anda yang baru bisa membuat kolam nya terlebih dahulu,saran saya buat lah kolam pemijahan yang condong memanjang.misalnya 2m x 4m, 2m x 5m,2m x 8,dan seterusnya.yang penting usaha kan lebar nya 2 meter dan panjangnya sesuai dengan selera atau tempat anda.hal ini bertujuan agar saat pembersihan dan pemberian makan pada lele bisa merata dan tersentuh semua.

Baca Juga : Bisnis Atau usaha Sampingan Untuk Karyawan dengan modal kecil

Jangan lupa selain kolam, peralatan perairan juga harus anda siapkan, seperti Sanyo ( pompa air ), paralon ,tandon dll.

Jika kolam sudah siap anda bisa mengisi kolam tersebut dengan ketinggian air antara 15 - 20 cm.ini melihat seberapa besar induk lele yang akan dipijahkan.

2.Siapkan Induk kan Lele.

bisapinter.com

Setelah kolam pemijahan sudah siap semua.Lsemua.Langkah berikut nya pilih lah Induk an yang benar - benar siap dipijah.

Biasanya untuk indukan betina ditandai dengan perut nya yang besar dan lembek.dan biasanya induk an yang siap akan diam jika di pegang.

Adapun untuk indukan jantan, Pilih lah Induk an yang di bagian alat kelamin nya berwarna merah di pucuk nya.

Usahakan besar induk an betina dan jantan memiliki panjang dan besar yang hampir sama.

3.Lakukan Pemijahan.

Oke.. setelah anda selesai memilih indukan yang siap dipijah kan.masukkan sepasang indukan lele tersebut ke dalam kolam pemijahan yang alasnya sudah di berikan tempat bertelur nya lele atau dalam bahasa jawa “sapu uduk”.anda Juga bisa menggunakan jaring yang dijepit bambu pada bagian pinggir nya.kemudian kasih pemberat,bisa menggunakan batu atau genteng,agar tidak terapung.

Masukkan lah sepasang indukan lele tersebut pada sore hari, sekitar pukul 4 sore.biarkan sepasang indukan tersebut melakukan perkawinan alami.biasanya jika memang keduanya sama-sama siap.induk an tersebut akan bertelur pada malam hari sampai menjelang subuh.

Baca Juga : 4 Kunci sukses menurut pengalaman pengusaha yang berhasil

Setelah subuh dan keadaan sudah terlihat terang,anda bisa mengambil sepasang indukan tersebut.dan kembali kan di tempat indukan.saran saya lebih baik dipisahkan dari induk an yang lama.agar sepasang induk kan yang baru kawin tersebut tidak mati diserang oleh Induk an lainnya.

4.Pengaturan Air.

Setelah indukan anda bertelur, biarkan telur tersebut hingga 6 jam.kemudian ganti air kolam dengan air yang baru.namun cukup buka keran perlahan- lahan,dan biarkan air mengalir perlahan, sehingga dengan sendirinya air di kolam pun menjadi jernih kembali.telur ikan lele akan menetas setelah 24 jam.tergantung suhu dan udara disekitar kolam.setelah menetas anda tinggal merawat nya dengan rutin mengganti air kolam.

Baiklah itulah beberapa Cara Memijahkan Ikan Lele Dengan Alami Dan Mudah.semoga bermanfaat ya….

0 Response to "Cara Mimijahkan Ikan Lele Dengan Alami Dan Mudah"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel