f Pengertian Kepemimpinan Dan Cara Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Segala Hal - Konten Cara Viral

Pengertian Kepemimpinan Dan Cara Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Segala Hal

Kontencaraviral.com - Menurut James A.F .Stoner ,Parentice Hall , kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi , menggerakkan, melaksanakan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan untuk suatu kurun waktu tertentu.

Didalam tiap jenis organisasi dan tingkatkan , bentuk dan perilaku kepemimpinan ber beda - beda di dalam melaksanakan fungsinya.

Di dalam organisasi TNI dan LSM , pendekatan yang dilakukan pemimpin terhadap bawahannya berbeda jauh, demikian pula budaya organisasinya.


edukasi.kompas.com

Demikian pula cara memimpin seorang anak buah akan berbeda pada tingkatan seorang supervisor kepada clerk ( pekerja nya ) dibandingkan dengan Dirut terhadap anggota direksi nya.

Didalam buku Management of Organizational Behaviour karya Paul Hersey pada bab situational leadership , pendekatan Kepemimpinan dibagi dalam empat bentuk yaitu :


  1. Direction / instruction / telling approach ( pengarahan ).
  2. Promotion / selling approach ( promosi ).
  3. Participating approach ( peran serta ).
  4. Delegating / delegation of authority approach ( pendelegasian ).


Keterangan :


  1. Bagi karyawan pekerja ( clerk ) pendekatan perintah yang jelas dan tegas adalah pendekatan yang paling tepat, demikian pula dalam menghadapi keadaan darurat ( kebakaran, kecelakaan,dll.).

    Baca Juga : 3 Cara Mendapatkan Ilmu Hikmah Dalam Agama
  2. Untuk memotivasi bawahan pada tingkat manajerial maka menyampaikan gagasan atau turut dalam pengambilan keputusan / pelaksanaan pekerjaan menjadi cara yang lebih tepat karena pada tingkat manajer,akal pikiran, kemampuan serta inisiatif mereka sangat dibutuhkan dan hasil akhir dari dua atau lebih pemikir diharapkan memberi output lebih baik dibandingkan satu kepala saja.
  3. Participating approach sering dicontohkan sebagai hubungan antara dosen dengan mahasiswa yang sedang menyiapkan tesis akhir nya.
  4. Adapun pada tingkatan manajemen puncak, pendekatan pemimpin kepada bawahannya lebih menggunakan cara pendegelasian wewenang dan tanggung jawab dengan terus melakukan monitoring melalui rapat evaluasi rutin.Hal ini juga berlaku bagi organisasi yang produk akhir nya dihasilkan oleh pemikiran - pemikiran intelektual seperti universitas / lembaga pendidikan dan konsultan yang mempekerjakan peneliti ahli dan dosen - dosen yang bertanggung jawab pada pimpinan universitas / pimpinan lembaga pengkajiannya.

Adapun ciri-ciri jiwa kepemimpinan digolongkan menjadi 4 hal berikut ini : 
  • Coercive power ( kekuatan untuk memaksa ). contoh : orang berotot , bersenjata yang memaksakan kehendaknya kepada orang lain dan di ikuti kemauannya.
  • Reward power ( kekuatan untuk memberi imbalan / penghargaan atas hasil kerja seseorang ). contoh : seorang General Manager terhadap bawahannya di sebuah perusahaan.
  • Legitimate power ( kekuatan yang ditimbulkan oleh pengetahuan, keahlian,dan kemampuan tertentu yang dimiliki seseorang ). contoh: Profesor, doktor,dokter,pengacara,dan ulama’.
     
      Baca Juga : 6 Manfaat Dan Resiko Bahaya Internet Di Era Generasi Milenial

  • Charismatic power ( kekuatan yang ditimbulkan oleh kharisma yang dimiliki seseorang ) contoh : Bung Karno,Fidel Castro terhadap rakyat / bangsanya,kyai terhadap santri nya.


Itulah beberapa penjelasan tentang Kepemimpinan.semoga kita semua bisa menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dalam segala bidang.

Terimakasih dan semoga bermanfaat..

0 Response to "Pengertian Kepemimpinan Dan Cara Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Segala Hal"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel