f Tata Krama Cara Berbicara Dengan Orang Lain (Bercakap-cakap) Yang Baik Dan Benar Menurut Agama_Adab Bertamu - Konten Cara Viral

Tata Krama Cara Berbicara Dengan Orang Lain (Bercakap-cakap) Yang Baik Dan Benar Menurut Agama_Adab Bertamu



Kontencaraviral.com - Didalam berbicara ada tata cara nya.kita tidak bisa berbicara seenaknya sendiri tanpa melihat siapa yang kita ajak bicara.

Berbicara yang baik dan sopan santun akan menghadapi sesuai yang baik untuk diri anda,akan tetapi apabila anda berbicara dengan seenaknya sendiri, tidak punya sopan santun maka orang lain akan menganggap anda sebagian orang yang tidak baik atau tidak tahu aturan.

Oleh karena itu usahakan untuk selalu berbicara dengan baik terhadap semua orang,baik itu secara empat mata atau secara umum.

publicspeaking.co.id

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang bingung, gimana sih berbicara yang baik itu..?

Oke..tenang saja.kami akan memberitahu anda saat ini juga...simak terus artikel di bawah ini ya…!!!




Berikut Tata Krama Berbicara Dengan Orang Lain (Bercakap-cakap).


1.Berbahasa yang baik dan sopan (papan-empan-adepan), menghindari kata-kata yang kotor dan menyakitkan hati.(HR.Bukhori Kitab Al Adab).

Iya perkataan yang baik dan sopan santun akan menimbulkan dampak yang baik juga,akan tetapi sebaliknya perkataan yang tidak baik atau ngawur juga akan menimbulkan dampak yang negatif atau jelek juga.

Lihat Juga : 6 Cara Menjadi Super Sukses Dunia Dan Akhirat

Oleh karena itu mulai lah untuk bisa berkata dengan baik, awali dari lingkungan keluarga anda terlebih dahulu,maka secara tidak langsung anda akan terbiasa untuk berbicara dengan orang lain dengan cara yang baik.

2.Bila berbicara dengan orang yang lebih tua / dituakan, hendaknya pandangan mata agak ditundukkan dan dalam bertutur kata dengan nada suara yang lebih rendah.(Al-Qur'an Lukman Ayat 19).


Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan kita terhadap orang yang lebih tua.kita harus menghormati nya,baik dalam tingkah laku kita maupun dalam pembicaraan kita terhadap mereka.usahakan untuk selalu merendahkan suara dan mengalah dengan orang yang lebih tua.namun apabila suatu saat dia salah,anda juga harus menegurnya dengan cara dan perkataan yang baik.


3.Membiasakan kata-kata “ maaf “ pada awal dan akhir pembicaraan.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang menyepelekan kebiasaan ini.ada yang berpendapat: “saya kan gak salah, ngapain bilang maaf”.

Baca Juga : Tata Krama Berhias Dan Berpakaian Yang Baik Dan Benar Menurut Agama

Perlu anda ketahui bahwa jika anda bisa mempraktekkan kebiasaan kata-kata” maaf” tersebut, orang yang anda ajak bicara, siapapun itu tidak akan pernah tersinggung dan benci akibat dari percakapan anda.

Jadi mulai sekarang biasakan ya...

4. Dalam berbahasa daerah tidak boleh memposisikan diri lebih tinggi dari lawan bicara. Contoh bahasa jawa: “kulo sampun dahar” ,”kulo bade kundur”, “ kulo paringi” . seharusnya :”Kulo sampun nedho”,dalem badhe wangsul “,Kulo caosi/sukani” dll.

Hal ini juga sangat penting.anda harus tahu bahasa yang pas dan tepat sebelum anda mengatakan nya.

5.memperhatikan dan mengarahkan pandangan kepada lawan bicara dengan sopan.

Dalam pembicaraan jangan merasa pol sendiri, sehingga meremehkan orang yang kita ajak bicara.itu jangan.

Tetap lah arahkan pandangan kalian terhadap lawan bicara Anda dengan sebaik dan sesopan mungkin.

6.Memberikan kesempatan kepada lawan untuk bicara (tidak mendominasi pembicaraan).

Hal ini biasanya terjadi apabila yang kita ajak ya itu adalah orang-orang yang memiliki pendidikan rendah dibawah kita.sehingga kita merasa paling benar dan paling bisa.dan tidak memberi kesempatan pada lawan bicara sama sekali,karena menganggap dia masih kecil atau meremehkan nya.ini janga sampai terjadi ya.

7.Tidak memotong pembicaraan lawan bicara.

Apabila kita memiliki sebuah keperluan dengan seseorang,dan kebetulan orang tersebut mungkin sedang berbicara dengan orang lain,maka sikap yang harus anda lakukan adalah menunggu hingga keperluan atau pembicara an orang tersebut selesai, baru anda yang memanggil nya atau mengajak bicara.

8.Tidak berbicara sambil berkacak pinggang atau menunjuk-nunjuk ke arah lawan bicara.


9.Tidak mempergunjingkan atau membicarakan aib orang lain (ghibah). ( Al-Qur'an Al Hujurat Ayat 12 dan HR.Muslim Kitab Al Adab).

Ini adalah hal yang sangat sering kita jumpai.bahkan mungkin kita sendiri juga sering melakukan nya.saat sedang ngumpul atau bicara dengan orang arah pembicaraan kita selalu membicarakan keadaan orang lain bahkan kadang sampai membeberkan aib orang lain tersebut.Hal ini tidak boleh ya...

Lihat Juga : Tata Krama Ketika Makan Yang Baik Dan Benar Menurut Agama

10.Apabila keadaan bertiga:
  • Tidak berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti oleh salah satu dari mereka.
  • Tidak berbisik-bisik berdua,tanpa memperdulikan teman yang lain.(HR.Bukhori Kitab Al Isti'dzan).

11.Menghindar berkata dusta, meskipun bermaksud melucu.(HR.Abu Daud Kitab Al Adab).

Terkadang kita gak sadar kan.. sering melakukan hal ini.ngomong-ngomong lucu agar teman bicara kita betah dengan kita, padahal yang dibicarakan itu dusta.hal semacam ini sangat tidak diperbolehkan didalam agama.Maka mulai sekarang hindari ya perkataan-perkataan dusta atau bohong, walaupun itu lucu dan menghibur.

12.Menghindari bergurau yang berlebihan dan gojlog- gojlog an.(HR.Tirmidzi Kitab Al Zuhud).

Apabila kita sedang asyik ngumpul bersama teman, terkadang gak sadar kita saling bersenda gurau yang berlebih-lebihan.hal tersebut bisa menyelesaikan salah faham nanti nya, bahkan bisa menyebabkan saling membenci karena merasa tersinggung dengan ucapan tersebut.

Baca Juga : Tata Cara Minum Yang Baik Dan Benar Menurut Agama 

hijaz.id

 
Oke... itulah beberapa Tata Krama Cara Berbicara Yang Baik Dan Benar Menurut Syariat Agama.

Jadi sekarang kita semua sudah tahu ya..

Sekarang silahkan dipraktekkan..

Terimakasih dan semoga bermanfaat ya..

0 Response to "Tata Krama Cara Berbicara Dengan Orang Lain (Bercakap-cakap) Yang Baik Dan Benar Menurut Agama_Adab Bertamu"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel