f 5 Cara Mensikapi / Menghadapi Perubahan Abad Ke 21 - Konten Cara Viral

5 Cara Mensikapi / Menghadapi Perubahan Abad Ke 21

Kontencaraviral.com - Berbagai tulisan,opini, penelitian dan ragam diskursus mengenai perubahan yang terjadi pada abad XXI / 21 ini dapat ditemui di berbagai media cetak dan online,namun sebagai anggota masyarakat yang hidup saat ini ,dan secara otomatis termasuk dalam arus gelombang perubahan,sudahkah kita mengetahui ; Apa yang sebenarnya telah terjadi ? Bagaimana posisi kita saat ini ? Apakah kita mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi ? Atau masih terlena dalam zona nyaman diri, yang tanpa sadar telah menjauhkan kita dari realita yang sedang terjadi di lingkungan di luar diri kita ?.




work-scene.com

Mari kita telaah.Dunia telah mengalami beberapa masa perubahan yang memiliki pengaruh besar.Menurut evolusi sejarah peradaban dunia, perubahan tersebut terjadi dalam tiga gelombang,yaitu :

  1. Era pertanian,pada era pertanian faktor yang menonjol untuk manusia dalam menjalankan keberlangsungan hidup nya adalah otot ( muscle ) , karena pada saat itu produktivitas ditentukan oleh otot.
  2. Era industri , diawali dengan ditemukan nya mesin, faktor yang menonjol adalah mesin ( machine ) , pekerjaan “ otot “ mulai digantikan dengan pekerjaan mesin karena terbukti lebih efektif dan efisien.
  3. Era informasi , faktor yang menonjol dalam era ini adalah pikiran dan pengetahuan ( mind ). Informasi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan kemajuan masyarakat dan individu.

Berikut 4 Cara Mensikapi Perubahan Abad Ke 21 ini :


1.Dari Lambat Menjadi Cepat.


jalantikus.com

Perubahan dengan suddent shift ( tiba - tiba berpindah ) menuntut manusia yang hidup di dalam zaman ini juga melakukan langkah yang cepat.Lihat apa saja yang terjadi saat kecepatan perubahan lingkungan tidak direspon dengan langkah percepatan aktivitas diri atau kinerja.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Salah Dalam Mengelola Keuangan

Industri kecil atau besar bisa terkena dampaknya.Siapa yang tidak kenal dengan brand Nokia ? Industri perangkat celluler yang sempat mendapat julukan “ handphone sejuta umat “ ini pun bisa ikut tergerus kecepatan yang terjadi.Perusahaan ini akhirnya tutup.Setelah berkiprah selama 16 tahun di Industri ini Nokia akhirnya kalah bersaing melawan kubu Android dan Apple, yang dengan cepat menggerus pangsa pasarnya.

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Nokia , beberapa pemangku saat itu mengatakan “ Tidak ada yang salah dengan perusahaan kami, hanya saja perubahan di luar sana lebih cepat ,dan kami lambat dalam merespon nya “.

2.Dari Yang Tidak Berpengetahuan Menjadi Memiliki Pengetahuan.


nu.or.id

Pada abad ini informasi dan pengetahuan menjadi salah satu komponen utama yang dapat menentukan seseorang untuk melakukan sesuatu.Kebutuhan berbasis pengetahuan ( knowledge based education ) , pengembangan ekonomi berbasis pengetahuan, pengembangan dan pemberdayaan manusia berbasis pengetahuan,dan pengembangan dalam bidang industri pun berbasis pengetahuan.Nuansa kehidupan abad pengetahuan ini ditandai dengan adanya berbagai pergeseran dalam bentuk dinamika upaya pemenuhan kebutuhan kehidupan melalui pengetahuan.

Pengetahuan membantu kita untuk memahami , menjelaskan, mengatur,dan memprediksi berbagai kejadian yang terjadi di dalam lingkungan, tidak sedikit terjadi hal yang bersifat unpredictable atau tidak terduga,denga pengetahuan kita akan lebih mudah untuk mengatur kemungkinan - kemungkinan yang akan terjadi.

Baca Juga : Cara Hidup Hemat Dalam Kehidupan Sehari - Hari ,Hemat Pangkal Kaya

Manusia memiliki kemampuan untuk membuat, memilih dan mengambil maka pengembangan menjadi salah satu faktor penting bukan saja untuk melakukan proses belajar,namun informasi dan pengetahuan saat ini sudah menjadi komoditi , pertanyaan nya sekarang tidak lagi “ anda punya apa ? “  namun “ anda punya informasi apa ? “. contoh jelas , siapa yang tidak pernah menggunakan Google , sebuah search engine yang mengelola berbagai informasi dan pengetahuan, menjadi sebuah kekuatan yang saat ini menjadi kebutuhan hampir setiap manusia.


3.Dari Tidak Menguasai Teknologi Menjadi Menguasai Teknologi.


krjogja.com

Teknologi khususnya informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data ( memproses, mendapatkan,menyusun, menyimpan, memanipulasi data ) Untuk menghasilkan informasi yang berkuasa atau sebaliknya ( hoax ).

Baca Juga : 4 Penyakit Kecanduan Handphone Atau Smartphone

Dengan adanya teknologi akan membantu segala aktivitas manusia agar lebih mudah.misalnya teknologi yang sedang ngetrend saat ini yaitu munculnya berbagai macam aplikasi.Seperti halnya dengan munculnya transportasi publik berbasis online.kerjasama antara ahli teknologi Menggunakan aplikasi handphone/ smartphone , dengan para pemilik kendaraan dan beberapa stakeholder lainnya, dilengkapi strategi kreatif yang sedemikian rupa memudahkan pengguna jasa transportasi, sisi lain membuat rugi sebagian besar perusahaan transportasi umum di Jakarta yang masih menggunakan teknologi transportasi saja.


4.Dari Pasif Menjadi Aktif Inisiatif.

 
kompasiana.com

Jika dahulu saat sekolah, sebagai siswa seringkali kita diminta untuk pasif mendengar kan dan menyimak baik - baik apa yang disampaikan gurunya agar mengerti,maka sekarang siswa diarahkan untuk lebih aktif,guru memberikan berbagai pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya.Dari aktivitas murid yang pasif menjadi lebih aktif dan mandiri meningkatkan kemampuan dalam mengakses pengetahuan terbaru.

Menjadi manusia era informasi,tidak cukup menunggu untuk mencapai apa yang dituju.Menjadi aktif secara fisik, pikiran maupun hati, berarti kita sedang berbicara tentang kesempatan.Lebih aktif dengan mengambil keuntungan / manfaat dari setiap kesempatan untuk bangun, bergerak, melihat dan menciptakan peluang.

Baca Juga : 5 Cara Menemukan Ide Menulis Artikel Dengan Benar Dan Cepat

Inisiatif adalah kemampuan diri dalam menemukan ide dan menyelesaikan masalah.Aktif dan inisiatif memberikan peluang bagi diri untuk lebih mengembangkan kemampuan, potensi dan memperluas jaringan.

Contoh sederhananya,saat seorang pembicara dalam sebuah seminar tiba - tiba mengalami kerusakan pada laptop nya.Jika pembicara tersebut tidak berpikir secara aktif dan minim inisiatif,maka ia mungkin hanya duduk kebingungan menunggu hal yang tidak pasti.Namun jika ia punya inisiatif, tentunya ia akan memutuskan sesuatu yang membuat masalah ini terselesaikan.Misal , Solusinya adalah menggunakan papan tulis,alat peraga atau Media lainnya.membangun kembali secara cepat dan aktif hal yang akan ia jelaskan, Menulis kata kunci nya, menguraikan materi secara jelas dan runtut.

Jika dia mampu menjelaskan materi dan menguraikan materi secara jelas dan runtut tanpa bantuan teknologi,maka dia akan mendapatkan nilai tambah, potensi dirinya pun berkembang,satu kemampuan lagi yang ia kenali,menjadi kreatif dalam mengembangkan metode persentasi tanpa alat.

Bisa kita bayangkan , terkait dengan industri yang berjalan semakin cepat,apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak mengeluh, menyalahkan diri sendiri, mengeluh orang lain, atau menunggu sampai sang “ kesempatan “ datang menghampiri.


5.Dari Apa Yang Kita Punya Menjadi Apa Yang Harus Kita Kembangkan.

 
pixabay.com

Pergeseran juga terjadi pada ranah orientasi atau tujuan.Pemilik perusahaan, industri di berbagai bidang tidak lagi berorientasi pada kepemilikan aset yang bersifat fisik.Persaingan kini tidak hanya menuntut pada keunggulan kuantitas atau kualitas suatu produk atau jasa, atau sistem dalam pemenuhan kebutuhan kehidupan, tetapi mengarah pada keunggulan dalam hal kecepatan dan fleksibilitas dalam mengembangkan sesuatu serta menyampaikan / men deliver .

Kecepatan dan fleksibilitas dalam hal berorientasi dalam upaya bagaimana merespon berbagai dinamika kebutuhan dan variasi selera masyarakat ( pasar ) yang berkembang sesuai dengan laju fenomena teknologi.faktor kemampuan dan kejelian dalam melihat hal apa yang harus dikembangkan menjadi kunci dalam keberhasilan menguasai ranah persaingan di berbagai bidang pemenuhan kebutuhan.

Baca Juga : 3 Cara Menjaga Kesehatan Badan Yang Paling Baik Dan Efektif

Pergeseran sistem kerja ,dari sistem kerja yang bertumpu pada kekuatan individu ke arah tumpuan sistem kerja tim ( kerja kelompok ) , Membuat para pelaku industri lebih mencari sumber daya manusia ( SDM ) yang mau dan mampu untuk mengembangkan dirinya.Kecakapan dalam berpikir dan bertindak hanya dari segi strategis hanya bisa bertahan pada tataran operasional.Kecerdasan individu secara akademik maupun keterampilan menjadi urutan nomor dua, setelah kemampuan dalam mempertinggi daya tahan atau resiliensi untuk berkembang.

Oke... itulah beberapa hal dan sikap kita untuk menghadapi perubahan abad XXI, semoga kita semua bisa sukses semua .

Terima dan semoga bermanfaat ya…

Jangan lupa share ya jika bermanfaat..

Jika ada kekurangan silahkan tinggalkan di kolom komentar...

0 Response to "5 Cara Mensikapi / Menghadapi Perubahan Abad Ke 21"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel