f Arti Kepemimpinan Dan Prinsip Memimpin Yang Baik dan Benar. - Konten Cara Viral

Arti Kepemimpinan Dan Prinsip Memimpin Yang Baik dan Benar.

Kontencaraviral.com - Definisi kepemimpinan itu sangatlah banyak,tergantung bagaimana cara melihatnya,tergantung situasinya,tergnatung konteks permasalahannya.Berikut adalah beberapa definisi yang kita coba untuk disimak kembali sejedar untuk merefresh ingatan kita akan definisi leadership.

Menurut Marcus Backingham ,seorang peneliti dan penulis buku dari Cambridge University, " Tugas Pemimpin adalah menggalang orang menuju masa depan yang lebih baik ".

Menurut Jonhn Quincy Adams,presiden Amerika ke 6, "Bila tindakan mu adalah untuk menginspirasi orang agar punya impian lebih baik,belajar lebih baik,bertindak lebih banyak,maka kamu adalah seorang pemimpin.

Menurut Warren G Bennais,peneliti dan pengarang buku. " Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan ".

Berikut ini contoh - contoh seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan :


kepemimpinan
marketing.co.id
Walikota Surabaya ,Tri Rismaharini contohnya.Satu orang tapi mampu menggerakkan jutaan warga dan aparat pemerintahannya untuk menjadikan Surabaya kota yang lebih baik,dalam hal infrastuktur untuk memacu pertumbuhan ekonomoi,empati warga kota Surabaya ketika musibah nasiona kecelakaan pesawat Air Asia,bahkan sampainurusan Taman Kota.Walikota Risma mendapat tempat di hati jutaan warga Surabaya bukan karena uang,tetapi karena kepemimpinan dan keteladanannya.Satu orang bisa mewarnai seluruh kota.

Contoh lain lagi dari kepemimpinnan yang melegenda adalaah Presiden RI  1,Ir.soekarno .walaupun sudah meninggal puluhan tahun yang lalu,jaman berganti jaman,pemerintah berganti pemerintah ,dari jaman belum ada listrik sampai jaman internet,kharisma kepemimpinan Soekarno masih dirasakan oleh banyak orang sampai sekarang.Satu orang mampu mewarnai sebuah bangsa dan sebuah negara di tengah banyak bangsa di bumi.

Kemudian seorang Chairul Tanjung,yang masih kecilnya begitu sederhana ,sekarang menjadi salah satu pengusaha terkaya di Indonesia ,bahkan sempat masuk majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia.Dari mana kekayaannya..? Dari begitu banyak bisnis yang dipimpinnya,mulai dari media ( Trans Group ),perbankkan (Bank Mega Group ),dunia hiburan ( trans Studio )yang bekerjasama dengan Jusuf Kalla,Saham di Garuda Indonesia Group,dan masih banyak lagi lainnya.Yang sudah pernah membaca buku biografinya ( Si Anak Singkong ) akan melihat bahwa kesuksesannya bukan karena nilai akademis semata,tapi lebih pada kepiawaiannya dalam mempengaruhi dan meyakinkan banyak orang unk bekerjasama membangun kebaikan dan keuntungan bersama.


Berikut Ini Prinsip Memimpin Yang Baik Dan Benar :


1.Memimpin Dengan Visi Yang Jelas.


kepemimpinan
kontencaraviral.com
Bayangkan seseorang yang akan keluar rumah,kalau dia tahu mau kemana ,arah yang harus dituju ,jalan mana saja yang harus dilaluinya,dia akan mengarahkan aktivitas keluar rumahnya itu secara lebih persis langsung pada tujuan,tidak buang - buang waktu untuk berhenti di setiap tempat,atau sibuk memikirkan setelah ini harus kemana.

Bandingkan dengan orang yang keluar rumah tanpa tujuan,dia akan kebingungan mau apa,kemana,lewat mana,harus bertanya ke siapa,bahkan nanti pulang hasilnya apa saja tidak tahu,setelah mengahbiskan begitu banyak waktu ,energi dan biaya.

Baca Juga : Cara Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Segala Hal

Contoh diatas merupakan gambaran sederhana yang menjelaskan perbedaan pola dalam menjalani hidup dan mewujudkan cita - cita,visi,tujuan,keinginan antara yang mulai awal sudah jelas dengan visinya atau yang melangkahkan kaki tanpa visi yang jelas.

Jargon yang sangat terkenal dari guru pengembangan karakter kepemimpinan ,Stephen R Covey (pengarang buku 7 habits of highly effective people ) adalah " Begin with End inMind ",Memualai dengan nanti pada akhirnya harus seperti apa ,melalui dari sebuah tujuan akhir yang ingin dicapai,setelah tahu tujuan yang akan dicapai barulah kita merancang langkah - langkah yang perlu diambil dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Tetapkanlah Visi...........!!!

Bagaiman orang bisa dikatakan sebagai pemenang bila tidak ada visi yang diperjuangkan..?

Dengan demikian menjadi pemenang memerlukan penetapan target untuk diri sendiri,misalnya target penghasilan,target pola hidup,bentuk dan ukuran rumah,dst.Bila itu berhubungan dengan karier,kita perlu tetapkan target sejauh mana ,jabatan sebagai apa ,dst.Tetapkan cita - cita yang tinggi,karena kita tidak tahu sejauh mana nasib dan  qodar kita  sampai kita melakukan dan menjalani yang terbaik.


2.Memimpin Melalui Teamwork.


rajarak.co.id
Salah satu cara melihat apakah kepemimpinan seseorang efektif adalah dengan melihat kinerja tim yang dipimpinnya .Pemimpin yang berhasil pasti memiliki tim yang solid.

Sir Richard Bronson pendiri Virgin Group dalam artikelnya mengenai kita jitu merekrut orang,menuliskan " it is better to have a hole than having an asshole in your team " ( Lebih baik punya lubang yang membuat tim menjadi kurang lengkap dari pada ada satu orang yang menjadi penghambat kinerja tim ".

Yang dimaksud adalah ,memang tidka mudah merekrut untuk melengkapi anggota tim sehingga komplit dengan fungsi masing - masing
yang bekerja serentak untuk mencapai tujuan.Dia percaya bahwa bukan orang yang luar biasa cemerlang dengan latar belakang akademis dan pengalaman kerja yang mengesankan yang menentukan kesuksesan kinerja tim,tetapi lebih pada bagaimana orang itu punya kemampuan untuk beradaptasi dengan budaya dan nilai - nilai yang berlaku di perusahaan.Oleh karena itu ,menurutnya lebih baik timbya bolong untuk sementara ,dari pada merekrut dengan tergesa - gesa,dan ternyata anggota baru ini malah menjadi penghamat di dalam tim itu.

Berdasarkan gambaran di atas ,memimpin melalui temwork tidak sekedar merekrut dan mengumpulkan orang dan diberi bagian tugas masing - masing sesuai proporsinya.Lebih dari itu diperlukan kemampuan untuk mengenali karakter masing - masing anggota tim,kelebihan dan kekurangan masing - masing dan bagaimana kelebihan dan kekurangan itu menjadi saling melengkapi ,untuk kebaikan tim dalam pencapaian tujuan bersama.

3.Memimpin Melalui Komunikasi Yang Baik.


Apakah " Komunikasi " itu ..?

Arti komunikasi itu sangatlah sederhana ,yaitu menyampaikan pesan ( massage ) tertentu oleh salah satu orang ( sender ) ke orang lain ( receiver ) ,dimana didalamnya timbul interaksi (feedback) diantara kedua orang tersebut,baik bersifat klarifikasi,mempertanyakan ketidak mengertian,menyampaikan pendapat yang berbeda,atau sekedar memberikan umpan balik sehingga diharapkan pengertian yang baik antara keduanya akan subyek yang dibahasnya.

Yang perlu diketahui adalah bahwa yang namanya komunkasi itu tidak harus berbicara dan menyampaikan pendapat.Diam dan mendengarkan agar bisa benar - benar mengerti akan pesan yang disampaikan sebetulnya adalah salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah komunikasi.Diam sebagai bentuk persetujuan atas pendapat yang disampaikan oleh orang lain itu juga adalah komunikasi.

Kejelasan menjadi kunci bagaiman komunikasi bisa terjadi ,dimana pesan disampaikan diterima sesuai tujuan dan maksud pengirim pesan sehingga umpan balik dari penerima pesan juga sesuai yang diharapkan,dan dari situlah terjadi dasar pemahaman yang sama.

Kegagalan komunikasi dalam dunia organisasi / bisnis dapat berakibat fatal dan mahal.

4.Memimpin Melalui Keteladanan ( Walk The Talk ).


Jadilah teladan ! Ilmuwan yang melegenda dari jaman ke jaman,Sir Albert Einstein berkata " Teladan bukanlah merupakan cara lain dalam mengajar,tetapi satu - satunya cara mengajar ".

Pepatah jawa yang juga cukup terkenal yang merupakan sindiran bagi pemimpin yang tidak bisa diteladani " Gajah diblangkoni ,iso khotbah ora iso nglakoni ".(Bisa khotbah tetapi tidak mampu menjalankannya).

Bila sampai ada pepatah seperti diatas maka bisa kita simpulakn bahwa keteladanan adalah salah satu prinsip paling penting dalam kepemimpinan.Bukan berhenti pada apa yang kita katakan,tetapi apa yang juga kita lakukan ,yang dilihat banyak orang.

Pepatah jawa diatas ada karena ada pemimpin yang menuntut orang lain tidak melakukan ,tetapi dia sendiri melakukan,atau sebaliknya menuntuk orang lain melakukan ,tetapi dia sendiri tidak.Saat itu juga orang hanya bisa takut karena jabatan dan otoritasnya,tetapi kehilangan respect dan kepercayaan terhadap kepemimpinannya.

5.Fokus Pada Hasil,No Excuse.


Coba kita lihat situasi berikut ini :

1.Seorang manager perusahaan datang ke kantor mampir ke meja salah satu anak buahnya sambil bertanya " Badu,apakah pekerjaan yang saya minta kemarin sudah diselesaikan da hasilnya sudah ditaruh di meja kantor saya..? Si Badu menjawab, " Sudah pak.sudah selesai di laptop saya tinggal ngeprint saja.Pertanyaan : Apakah ini berarti si Badu sudah melakukan pekerjaan yang diminta atasannya ? Jawabannya adalah BELUM.

2.Seorang kepala cabang sebuah perusahaan yang tidak berhasil mencapai target yang ditentukan untuk cabangnya berkata kepada atasannya : " Pak,sebetulnya target kita itu tercapai,kemairn itu memang ada beberapa kendala yang kami hadapi sehingga tidak bisa mencapai target kami :.Pertanyaan : Apakah dengan mengatakan demikian itu akan merubah kondisi target  yang tidak tercapai berubah menjadi tercapai targetnya..?Jawabannya : Tentu TIDAK.Alasan apapun yang dia kemukakan hanyalah sebuah alasan,sebuah excuse untuk menjustifikasi ketidak mampuannya dalam mencapai target.

Baca Juga : 8 Cara Berkomunikasi Dengan Rekan Bisnis Atau Para Pengusaha

Prinsip ini sering disalh pahami menjadi : tidak perasaan,tidak pengertian,tidak menghargai usaha orang lain dan sejenisnya.tapi sebenarnya ,fokus pada hasil (result ) bisa digambarkan seperti berikut ini :

Target tidak tercapai adalah target tidak tercapi.Semua penyebab tidak tercapainya target bisa tetap didengarkan dan dijadikan bahan evaluasi untuk membangun strategi yang berbeda untuk ke depannya.Tetapi tidak mengubah kenyataan bahwa tidak tercapainya target menjadi seolah - olah tercapi sehingga reward yang disepakati tetap diberikan.Sumua upaya yang sudah dilakukan tetap dihargai tetapi target tetap tidak tercapai,sehingga konsekuensinya dari tidak tercapinya target tetap menjadi acuan tindakan selanjutnya.

Salah satu hal mendasar yang perlu dilakukan kita harus berani mengatakan kepada diri kita sendiri apakah kita berhasil dalam mencapai target yang diinginkan atau gagal dalam mencapai target yang diinginkan.Janganpernah ragu untuk mengatakannya.

Dengan demikian pemimpin yang memimpin melalui fokus pada hasil akan membawa orang pada level kedewasaan yang lebih tinggi,menjadikan orang - orang yang dipimpinnya punya panggilan pribadi untuk bertanggung jawab atas apapun yang dilakukannya dan menerima konsekuensinya dengan jiwa ksatria ,buka untuk siapa - siapa ,tetapi untuk kehormatannya sendiri.


Baiklah itulah beberapa penjelasan tentang kepemimpinan dan prinsip seorang pemimpin.

Terimaksih dan semoga bermanfaat ya..........     

0 Response to "Arti Kepemimpinan Dan Prinsip Memimpin Yang Baik dan Benar."

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel