f Berita Viral Terbaru...!!! Terbongkar Penyebab Utama Kenapa Rupiah Indonesia Melemah Lagi ..? - Konten Cara Viral

Berita Viral Terbaru...!!! Terbongkar Penyebab Utama Kenapa Rupiah Indonesia Melemah Lagi ..?

Kontencaraviral.com - Belakangan ini negeri kita dibuat geger,dengan menurunnya nilai mata uang Rupiah atas mata uang negeri Paman Sam ( Amerika ) Dollar ($).

Sekarang Apakah kalian tahu kira - kira apa sih penyebab dari turunnya Rupiah sedangkan kenapa Dollar semakin kuat...?


youtube.com

Berikut ini penjelasan dari berbagai Sumber,termasuk para ekonom Indonesia dan situs resmi Bank Sentral Indonesia :


1.SENTIMEN INVESTASI MENURUN


Penyebab kenaikan utama dollar adalah investor atau pemodal yang berspekulasi terkait prediksi kenaikan " FED FUND RATE "

FED   adalah suku bunga antar bank,yang diungkapkan oleh The Fed ,Bank Central Amerika Serikat.Sedangkan pada rapat  FMOZ pada tahun 2018 lalu para investor berspekulasi terkait kenaikan suku bunga ini.Dan sialnya spekulasi para investor membuat capital out flow atau aliran - aliran dana keluar di pasar modal mencapai Rp.7,78 Triliun.Hingga akhirnya sentimen investasi di negara - negara berkembang telah berkiblat ke Amerika Serikat dan The FED nya menurun drastis,dan efeknya menguatlah Dollar dan melemahlah mata uang kita.

2.KENAIKAN HARGA MINYAK


Kenaikan harga minyak mentah Dunia ini akibat perang di Suriah yang berkepanjangan.Karena itu Inflasi terus meningkat,sementara harga BBM non subsidi seperti Pertalite dan Pertamax terus menyesuaikan mekanisme pasar.

3.PERMINTAAN DOLLAR NAIK


Penyebab naiknya dollar lainnya adalah permintaan dollar Amerika Serikat yang terus meningkat.Hal ini disebabkan kebanyakan investor pasar saham kita ini adalah investor negara asing,sehingga mereka lebih memilih menukarkan pembagian saham dengan mata uang dollar.Inilah yang menyebabkan permintaan dollar naik.

4.DOLLAR KUAT


Kenaikan permintaan atas mata uang Dollar ini menyebabkan Nilai mata uang ini semakin kuat.Di Indonesia sendiri saat ini masih dibilang kebutuhan importir cukup tinggi,tapi sayangnya kebanyakan perusahaan importir lebih memilih menggunakan dollar dalam impornya.inilah yang mejadi salah

5.DEFISIT TRANSAKSI



6.KONSUMSI RUMAH TANGGA MELEMAH


Tahun 2018 kemarin konsumsi rumah tangga kita melemah,hal ini disebabkan karena rute penjualan ritail yang menunjukkan penurunan.Sehingga banyak pasar yang sepi ,yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kita.


7.SENTIMEN DAGANG AMERIKA SERIKAT DAN CHINA


Kita tentu sudah mendengarkan bahwa kedua negara ini berlomba - lomba ingin menjadi patron perekonomian dan Industri di Dunia.Gara - gara gesekan antar  kedua negara ini ,salah satu korbannya ya tentu negara kita Indonesia.Sebab produk kita kebanyakan di ekspor ke dua negara besar ini.

8.KRISIS TURKI DAN ARGENTINA


Kekhawatiran terhadap terjadinya krisis Turki dan Argentina terhadp negara berkembang juga berpengaruh terhadap melemahnya rupiah dan kuatnya Dollar.Dampaknya ya seperti yang terjadi saat ini ,dipasar keuangan negara berkembang seperti Indonesia terjadi Sentimen yang cukup negatif.Hal ini sangat berpengaruh terhadap saham dan obligasi.dan yang lebih mengkhawatirkan lagi Investor Global menjadi panik dan khawatir luar biasa terhadap EMERGYN MARKET,akhirnya sentimen ini berimbas terhadap naiknya transaksi berjalan.Dan efeknya Dollar menguat dan Rupiah turun.

9.KEBIJAKAN FISKAL AS


Kebijakan Fiskal yang diterapkan oleh negeri Paman Sam ini sangat berpengaruh terhadap menguatnya Dollar dan Anjloknya mata uang Negara Berkembang,salah satunya Rupiah.


10.THE FED


Adalah Bank Central Amerika Serikat ,yang didirikan pada tahun 1913.Federal Reserve System adalah bank sentral Amerika Serikat. Kemudian diberlakukannya Undang-Undang Federal Reserve, terutama sebagai respon kepanikan finansial pada tahun 1907.

 
youtube.com


Jadi inilah yang menyebabkan kenapa Rupiah bisa menurun atau anjlok ...!!! sedangkan Dollar semakin naik.

Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat ya... 

0 Response to "Berita Viral Terbaru...!!! Terbongkar Penyebab Utama Kenapa Rupiah Indonesia Melemah Lagi ..?"

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel