f Cara Ternak Sapi Potong Lengkap Dan Modern 100 % Untung. - Konten Cara Viral

Cara Ternak Sapi Potong Lengkap Dan Modern 100 % Untung.

Kontencaraviral.com. - Ternak sapi potong mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia.Hal ini disebabkan karena ternak ini mempunyai beberapa fungsi antara lain :


  • Sebagai sumber protein hewani yang berkualitas tinggi.
  • Sebagai sumber tenaga kerja.
  • Sebagai alat transportasi.
  • Sumber pupuk kandang.
  • Sebagai tabungan yang sewaktu - waktu bisa dijual.
  • Sebagai sumber bahan baku industri.
  • Sebagai hewan yang dibutuhkan dalam upacara keagamaan.


Ada beberapa jenis sapi potong / daging yang kita jumpai di Indonesia,antara lain seperti jenis Sapi Bali,Sapi Madura,Sapi Brahman,dan Sapi Onggole.Ada juga sapi lokal yang sudah di kawin silangkan dengan sapi luar negeri melalui mani beku,seperti halnya  sapi Limousin,Shorthorn,Aberden Angus,Hereford dll.

ramesia.com


Perlu anda ketahui bahwa budidaya ternak sapi potong adalah usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.Salah satu contoh analisa nya adalah budidaya sapi Bali.Dengan hanya menggunakan pakan sederhana saja pertambahan berat sapi bisa bertambah 0,5 kg /ekor/hari.Jika harga berat hidup sapi bali saat ini @ Rp.55.000 / kg,maka dalam sehari anda bisa untung Rp.22.500/ekor/hari atau Rp.750.000 /ekor/bulan.


1.PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG /DAGING .

indoternak.com

a.Pemilihan Bibit Sapi.


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan jenis sapi apa yang akan anda pelihara.Anda bisa menentukan sapi lokal atau keturunan sapi impor,sebab harganya pun tidak jauh beda.Akan tetapi mungkin ada beberapa hal yang harus anda perhatikan didalam memeliahara sapi ini,yaitu masalah sarana dan prasarananya.Perawatan sapi lokal bisa dibilang sangat mudah dan sanagt sederhana,sedangkan perawatan sapi impor tentu anda harus bisa menyesuaikan nya,dan biasanya lebih sulit dibandingkan sapi lokal.

Baca Juga : Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dan 11 Tips Suksesnya

Baiklah setelah anda sudah menentukan jenis sapi apa yang anda pilih,langkah berikutnya anda harus memilih bibit sapinya.Ada beberapa hal yang dapat membantu anda untuk menentukan bibit sapi yang baik berikut ini :


  • Perhatiakan pertumbuhan sapinya,usahakan sesuai dengan umur sapi tersebut.
  • Pilihlah sapi yang memiliki bentuk tubuh yang seimbang.
  • Usahakan pilih sapi yang memang sudah dipastikan jinak dan tidak galak.
  • Jika Betina pilih sapi yang pandai mengasuh anaknya setelah melahirkan (biasanaya dilihat dari keturunannya ).
  • Pilihlah sapi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan.


b.Kandang Sapi.


Apabila  anda memiliki tempat yang area rumput yang masih terbilang luas,maka anda tidak perlu bingung memikirkan kandang.Anda cukup membuat pagar mengelilingi daerah anda tersebut dan biarkan sapi - sapi tersebut berkeliaran di area tersebut.Akan tetapi jika anda tidak memiliki tempat yang luas,maka anda harus membuat kandang untuk beternak sapi,hal ini sangat mutlak,agar perawatan sapi bisa lebih insentif.

Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat kandang sapi adalah sebagai berikut ini :



  •  Pilihlah bahan baku pembuatan kandang dari bahan murah tapi kuat.
  •  Usahakan kandang memiliki ventilasi udarang yang sangat bagus dan terang.
  •  Gunakanlah atap kandang dengan genting / rumbia / lalang ( ini agar sapi tidak panas ).
  •  Usahakan untuk lantainya harus disemen atau di cor yang kuat.
  •  Adapun untuk ukuran kandang sendiri menyesuaikan dengan jenis dan berapa jumlah sapi yang akan anda pelihara.


c.Pakan Sapi.


Dalam hal pemberian makan ini  tergantung pada usia sapi tersebut,semakin dewasa berarti porsi makannya semakin banyak.Serta biasanya juga disesuaikan dengan tujuan sapi tersebut mau dibuat pejantan / induk an / penggemukan.Akan tetapi biasanya rata - rata sapi membutuhkan pakan sekitar 3 % dari berat hidupnya.Adapun pakan sapi pada umunya adalah rumput / hijauan / jerami kering /atau tumbuhan kering.Selain itu sapi juga perlu beberapa konsentrat agar pertumbuhannya semakin cepat,terlebih bagi sapi yang menyusui.

Berikut Pemberian Pakan Sapi Sesuai Dengan Ukurannya :

  •  Untuk Pedet : Pemberian makan secara terus - menerus ( habis diisi lagi ).Sampai umur 1 bulan alangkah baiknya induknya tetap diberi konsentrat 3 kg / hari.kemudian setelah satu bulan berikan pedet konsentrat 0,25 kg / hari.terus bertambah terus tiap bulannya hingga pada usia pedet 6 bulan pemberian menjadi 1 kg / hari.

  •  Untuk Sapi Pejantan : Khusus untuk sapi pejantan alangkah baiknya  anda harus menyediakan tempat latihan / olahraga,bisa dengan dijemur di bawah terik matahari atau apa terserah.Untuk pemberian pakan sendiri khusus pejantan diberi tambahan konsentrat  3 kg / hari dan rumput sekitar 30 - 40 kg/perhari.



  •  Untuk Sapi Penggemukan : Inti dari sapi penggemukan adalah bagaimana agar sapi tersebut bisa cepat naik berat badannya.Mungkin 2 metode ini bisa bermanfaat untuk anda :



  1. Pasture Fattening : Sapi - sapi dibiarkan merumput pada padang rumput dengan kualitas tinggi ,sehingga tidak perlu ada konsentrat.
  2. Dry lot Fattening: Pemberian makanan dalam kandang yang mengutamakan pemberian biji - bijian ( jagung,dan kacang - kacangan ).
  3.  Kombinasi Dry Lot dan Pasture Fattening.


d.Penyakit Sapi.


Setiap hewan peliharaan pasti rawan dengan yang namanya penyakit,berikut cara mencegah penyakit pada sapi :

1.Apabila mau mengisi kombong denga sapi baru,pilih sapi yang benar - benar sehat.

2.Jika ada air yang menggenang segera dialirkan dan dikeringkan.

3.Jika ada sapi yang dicuriagai sakit,segera pisahkan.

4.Adakan testing terhadap beberapa penyakit pada sapi.

Baca Juga : Cara Memijahkan Ikan Lele Alami dengan Mudah

5.Pemberian Vaksinasi.

6.Pengecekan terhadap perlengkapan kandang secara rutin.

7.JIka ada luka segera obatilah.

8.Segera lakukanlah penyemprotan pada parasit.


2.PENGEMBANGBIAKAN SAPI.


youtube
Untuk memudahkan penanganan ternak maka kelahiran anak dengan umur relative bersamaan perlu diupayakan.Oleh sebab itu musim kawin supaya diatur ,yaitu terjadi  sekitar 4 bulan saja.Adapun proses perkawinan sapi sendiri ada yang secara alamiah dan ada juga yang secara disuntik.Untuk perkawinan secara alamiah ,maka pejantan akan secara otomatis mencari sendiri betina mana yang sudah birahi.Adapun perkawinan secara suntik atau inseminator,maka tugas petani sendiri lah yang mengecek sapi betina mana yang sudah birahi.Biasanya ditandai dengan keluar lendir pada vagina dan diam ketika dinaiki.Adapun masa birahi ini sangatlah singkat yaitu sekitar 24 jam saja.jika saat birahi tidak segera dikawin,maka birahi akan hilang dan biasanya akan kembali birahi setelah 3 minggu berikutnya.

Adapun lama buntingnya sapi sekitar 285 hari.Adapun teknik perkawinan dengan menggunaka IB ini mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan teknik alami,antara lain :

a.Mengurangi biaya pemeliharaan pejantan.
b.Memperoleh keturunan yang berkualitas.
c.Mendapatkan hasil perkawinan yang berbeda dengan ukuran tubuh atau jenisnya.
d.Menghindari Inbreeding.

Baiklah itulah yang bisa kita teliskan seputar dunia ternak sapi daging / potong.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat...... 

0 Response to "Cara Ternak Sapi Potong Lengkap Dan Modern 100 % Untung."

Posting Komentar

close

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel